Peran Aktif Perangkat Desa Dibutuhkan DisDukcapil
Kategori Kependudukan by admin
PESAWARAN - Peran
aktif perangkat desa sangat dibutuhkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan
Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran. Hal tersebut dianggap sangat membantu
dalam rangka memaksimalkan pejlayanan dan meminimalisir kekecewaan masyarakat
saat mengurus administrasi kependudukannya.
Demikian dikatakan
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pesawaran,Ketut Partayasa diruang kerjanya,Senin
(18/9).”Dalam melayani masyarakat,kami sangat membutuhkan peran aktif dari
semua perangkat desa. Ini penting,karena merekalah sektor pertama yang dapat
merekomendasikan dokumen yang di urus masyarakat,” kata dia.
Ketut
menerangkan,bahwa Disdukcapil merupakan satuan kerja yang tidak menghasilkan
Pendapatan Asli Daerah (PAD) namun pelayanannya menjadi cermin kepala
daerah.”Disdukcapil ini satker yang tidak menghasilkan PAD, tapi keberadaan
pelayanannya menjadi cermin kepala daerah dalam memimpin. Untuk itu,kami selalu
berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terang
dia.
Guna menunjang
tugasnya, Ketut menerapkan disiplin militer dan selalu memantau petugas dalam
pelayanan.”Kita selalu tekankan dengan disiplin militer, setiap hari kita
pantau petugas dalam melayani masyarakat. Tidak jarang juga kami turun
kelapangan guna menjemput dan melayani masyarakat dalam membuat KTP dan Akta
Lahir. Berbagai cara terus kita lakukan pemaksimalan pelayanan. Namun
demikian,kekurangaan pasti selalu ada. Masyarakat yang merasa tidak puas juga
pasti tetap ada. Yang penting kita terus berbuat dan melayani dengan
mempermudahnya,” ungkapnya.
Ditegaskan, untuk kendaraan
dan peralatan guna menunjang operasional masih belum makimal. Mobil pelayanan
masih off line, dan hanya ada satu yang on line.”Peralatan dan kendaraan yang
ada masih belum maksimal. Tapi kami tidak patah arang,kedepan rencananya
kendaraan yang kita miliki akan kita buat online. Insha Allah,tahun depan juga
jumlah unit kendaraan online akan ditambah. Mudah-mudahan bisa lebih maksimal
melayani masyarakat dan kedepan tidak ada lagi keluhan masyarakat tentang KTP
atau lainnya.” tegas dia